WHAT'S NEW?
Loading...

Ngetik 10 Jari, Penting Ga Sih? Part 2

Sebelum belajar gimana caranya menguasai teknik mengetik 10 jari, ada infografis tentang speed typing dari situs RaraType


Di situ dikatakan kalo rata-rata kecepatan mengetik di dunia untuk laki-laki adalah 44 WPM sedangkan untuk wanita adalah 37 WPM. Nah Kamu sudah melebihi rata-rata belum? Apa masih jauh dibawah rata-rata? Kalo masih di bawah rata-rata, ayo update skill Kamu!

Ada beragam versi kalo Kamu mencari di mesin pencarian (dalam hal ini Admin menggunakan google.com) bagaimana cara mengetik 10 jari itu. Tapi tenang, disini Admin akan merangkum untuk Kamu yang mau belajar!

1. Posisikan jari pada tempatnya



Home row position, ini adalah tahap pertama yang sangat penting yang perlu diperhatikan. Mengetik dengan teknik 10 jari ini berarti Kamu harus menggunakan ke 10 jari Kamu untuk mengetik. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah meletakan jari Kamu sesuai dengan gambar di atas dan tetap pertahankan posisi tersebut selama Kamu mengetik. Dalam arti, jari Kamu harus kembali ke posisi tersebut setelah Kamu mengetik huruf yang tidak terdapat pada gambar di atas. Sedangkan kedua ibu jari Kamu akan digunakan untuk menekan space bar.

2. Keyboard Finger Scheme


Keyboard finger scheme adalah cara menggunakan jari sesuai dengan tempatnya. Sebagai contoh, perhatikan gambar di atas. Warna yang ada pada keyboard – contoh warna hijau : 1 2 Q A Z – menandakan kalo Kamu harus menekan huruf tersebut dengan jari kelingking, begitupun seterusnya berlaku untuk jari yang lain. Terapkan cara ini karena ini merupakan cara dasar untuk memanfaatkan ke 10 jari Kamu dan mendapatkan hasil yang optimal.

3. Terus Latihan


Inilah bagian yang terpenting. Tanpa adanya hal ini, teknik yang sudah Kamu pelajari tidak akan bertahan lama berada dalam diri Kamu. Kuncinya adalah latihan dan terus latihan. Sampai kapan? Sampai Kamu tak perlu lagi melewati keyboard Kamu ketika mengetik dan sudah melewati rata-rata kecepatan yang ada di atas tadi. Karena dengan latihan, jari jemari Kamu akan secara sendirinya menghafal pola huruf untuk diketik. Mulai dari peletakan jari utama pada tempatnya sampai memetakan tugas setiap jari untuk mengetik. Mulailah secara perlahan hingga nanti akan cepat dengan sendirnya. Luangkan sedikit waktumu untuk latihan setidaknya 15 menit dalam sehari.

Sangat mudah bukan untuk menguasai teknik mengetik 10 jari ini? Jadi Kamu harus semangat untuk menguasai skill ini!

Jangan lupa untuk komen, like, share dan subscribe agar kamu ga ketinggalan info dari Ban Gelinding. Terima Kasih!

0 Comment:

Post a Comment