WHAT'S NEW?
Loading...

Ngetik 10 Jari, Penting Ga Sih?

Zaman sudah semakin canggih. Siapa yang tidak tau komputer, smartphone dan gadget lainnya. Sederhananya, buat baca post ini aja Kamu pasti memakai komputer atau smartphone dong. Dengan keadaan seperti ini, tentunya banyak banget pekerjaan yang menggunakan komputer. Mulai dari yang kerja, kuliah, sampai Kamu yang masih sekolah butuh komputer, minimal untuk bikin laporan. Nah apakah Kamu tau bahwa ada yang namanya teknik mengetik 10 jari? Apa aja manfaatnya? Dan bagaimana cara menguasainya?


Teknik mengetik 10 jari atau Quick Tyiping adalah sebuah teknik yang menggunakan semua jari yang Kamu miliki untuk mengetik. Teknik ini membuat Kamu dapat mengetik dengan lebih cepat dari biasanya apalagi kalau hanya menggunakan 2 jari –telunjuk kanan dan telunjuk kiri- dan harus mencari huruf yang ingin di ketik. Untuk memiliki teknik ini, dibutuhkan latihan yang rutin. Bagi seorang gamers, walaupun mereka sering bermain menggunakan keyboard, belum tentu ia sudah menguasai teknik mengetik 10 jari ini.

Dengan menguasai teknik mengetink 10 jari ini, tentunya Kamu akan dapat berbagai macam manfaat seperti berikut :

Menghemat Waktu


Dalam mengetik, ada istilah untuk mengukur seberapa cepat Kamu mengetik atau biasa disebut WPM (Word per Minute). WPM adalah jumlah kata yang bisa Kamu ketik dalam satu menit. Andai Kamu memiliki kecepatan 20 WPM, maka dalam 20 menit Kamu hanya bisa mengetik sebanyak kurang lebih 400 kata. Namun jika Kamu memiliki kecepatan 40 WPM, kebayang dong berapa banyak kata yang bisa Kamu ketik dalam 20 menit? Sangat efisien bukan?

Fokus


Saat Kamu mengerjakan sesuatu yang sifatnya harus ngetik ulang dari buku, tentunya Kamu bakal tolah toleh ke 3 objek. Pertama buku, untuk liat apa yang akan diketik. Kemudian keyboard, untuk mengetahui posisi huruf tersebut berada. Terakhir monitor, untuk mengecek apakah huruf/kata yang kita ketik benar atau tidak. Dan akan terus seperti itu sampai selasai. Pasti akan sangat terasa lelahnya mengetik. Namun jika Kamu bisa menguasai teknik mengetik 10 jari ini, Kamu tidak perlu melakukan hal itu. Karena Kamu sudah hafal lewat alam bawah sadar otak Kamu dimana posisi setiap huruf, Kamu hanya perlu melihat ke buku dan sesekali melirik monitor untuk memastikan pekerjaan Kamu baik baik saja. Pastinya Kamu tidak akan mudah lelah dan akan lebih focus mengerjakan tugas.

Kesehatan Terjaga


Kamu pasti tau dampaknya berlama-lama di depan computer itu tidak baik. Dari penjelasan sebelumnya, Kamu bisa mengerti mengapa penting untuk menguasai teknik Quick Tyiping ini.

 Lebih Produktif


Apa perlu dijelaskan lagi kenapa menguasai teknik ini bisa membuat Kamu lebih produktif? Kayaknya Kamu bisa menyimpulkan sendiri bagaimana khasiatnya. Kalo tidak percaya, buktikan saja sendiri!
Sebenarnya banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan jika menguasai teknik mengetik 10 jari ini. Nanti Kamu akan merasakkan sendiri manfaat apa aja yang akan Kamu dapatkan. Kalo Kamu penasaran berapa sih kecepatan mengetik Kamu, Kamu bisa cek disini.


Kalo Kamu mau tau gimana caranya menguasai teknik mengetik 10 jari ini, silakan mampir ke sini.

Jangan lupa untuk komen, like, share dan subscribe agar kamu ga ketinggalan info dari Ban Gelinding. Terima Kasih!

0 Comment:

Post a Comment